Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on

Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on 4.20/5 (84.00%) 10 votes Malam ini saya mengerjakan satu unit laptop toshiba satellite c640 dengan kode board dengan masalah lampu power hidup Selengkapnya »

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri 4.20/5 (84.00%) 5 votes Kerusakan laptop memang tidak mengenal siapa dan bagaimana cara memakainya, bahkan kadang-kadang barang yang baru saja dibelipun sering Selengkapnya »

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing 4.40/5 (88.00%) 5 votes Maunya sih posting topik selain masalah kerusakan laptop, tapi ya sudahlah daripada  terus menunggu dan blog ini juga memang Selengkapnya »

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar 3.33/5 (66.67%) 3 votes Seorang ibu yang berprofesi sebagai seorang guru SMA, pagi-pagi sudah datang dengan membawa satu unit laptop Selengkapnya »

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya 5.00/5 (100.00%) 1 vote Saya sering dibuat bingung dengan kode-kode yang ada pada chipset intel, karena kebanyakan chipset generasi HM7X tidak lagi mencantumkan Selengkapnya »

 

Kebutuhan peralatan perbaikan laptop

digital-multimeter
Kebutuhan peralatan perbaikan laptop 5.00/5 (100.00%) 4 votes

Saya mendapatkan inbox hari ini dari seorang kawan, yang isinya kawan tadi  bersemangat sekali untuk bisa bekerja dengan menyalurkan keinginangannya dengan menjual jasa perbaikan laptop. Saya balik bertanya padanya, “kenapa anda sangat ingin menggeluti pekerjaan itu?” Dia menjawab, “kelihatannya asyik saja, bisa memperbaiki laptop yang mati bisa hidup kembali, hehehehe”  Dia melanjutkan lagi dan mengatakan bahwa, saat ini dirinya hanya memiliki dana yang sangat terbatas, namun saya sudah sangat ini bekerja, saya tidak ingin membenani hidup saya pada orang lain katanya.”  Membaca inboxnya yang begitu menggebu-gebu dan penuh semangat 45 :) rasanya sangat bersalah jika tidak memberikan solusi terbaik untuknya dengan kondisi dana bisa dibilang minim. Baiklah kawan, untuk menjadi orang sukses, Thomas Alfa Edison pernah berkata, kesuksesan merupakan ramuan dari 1% kecerdasan dan 99% kerja keras. Hmmm…walahpun saya sendiri tidak begitu sependapat dengan hal ini karena harus ditambahkan campur tangan Tuhan didalamnya, tapi gak apa-apalah kalau memang ini bisa membuat semangat kita dalam bekerja dan berkarya. :) Kita lanjutkan lagi obrolan ini. Saya katakan pada kawan tadi, saya memiliki hampir semua peralatan teknisi laptop yang dibutuhkan, dari mulai pinset sampai vacoom, dari mulai solder sampai alat BGA Reworking, dari mulai multitester sampai osciloscop. Namun dari sekian banyak peralatan tersebut ternyata hanya sebagian kecil saja saya saya gunakan. Selama ini. Untuk memperbaiki laptop mati total, saya hanya membutuhkan :

  1. Avometer/multitester digital
  2. Solder
  3. Solder Uap (Blower)
  4. Pinset
  5. Timah
  6. Flux
  7. Analisa yang tepat, mungkin juga membutuhkan skema dalam perbaikannya.
  8. Teman yang banyak untuk bisa saling berbagi :D  karena bisa jadi anda akan membutuhkan file bios dari mereka, terkadang analisa kita sudah tepat tapi hanya karena tidak punya file bios pekerjaan jadi terhambat.

Jika dilakukan kalkulasi harga bisa dihitung sebagai berikut :

  1. Avometer/multitester digital    = Rp. 400.000 ,-
  2. Solder                                                   =Rp. 500.000,-
  3. Solder Uap (Blower)                      =Rp. 700.000,-
  4. Pinset                                                   =Rp. 150.000,-
  5. Timah                                                  =Rp.    50.000,-
  6. Flux                                                       =Rp. 150.000,-   Totalnya Rp. 1.950.000,-

Jujur saja, hanya menggunakan keenam macam peralatan diatas, kita sudah bisa melayani perbaikan laptop mati total dengan omzet 15 jt s.d 20 jt rupiah perbulan dengan asumsi rata-rata perhari bisa memperbaiki 1 unit laptop dengan biaya Rp. 500,000 s.d  Rp. 700.000  hmmmm…ini angka yang menggoda bukan? Belum lagi jika ada penggantian chipset, maka ongkos kerja bisa dipatok diatas harga tadi.  Tapi saya sangat tidak merekomendasikan menangani pekerjaan berkaitan dengan chipset dan ic bga hanya menggunakan peralatan diatas. Karena untuk menangani chipset, anda disarankan untuk menggunakan mesin BGA Rework Station yang panas dan suhunya bisa diprogram menyesuaikan karakteristik chipset dan komponen yang akan dilepas. Membaca tulisan saya, kawan tadi lebih bersemangat lagi dan ingin cepat-cepat membukan usaha perbaikan laptop. Saya katakan lagi padanya “mas, saya hargai semangat anda untuk segera berwirausaha, namun pekerjaan ini bukan hanya sekedar kepemilikan peralatan semata, untuk menghidupkan satu unit laptop terkadang kita berlaga seperti seorang detektif, dia membutuhkan ilmu, skill dan kemampuan menganalisa dengan baik. Kesalahan menganalisa akan menyebabkan jatuhnya korban dari unit laptop yang tak berdosa, yang pada akhirnya akan menyebabkan kerugian bukan saja pada anda sendiri tetapi pada langganan anda yang sudah mempercayakan perbaikan laptopnya hanya pada anda. “Lalu apa yang saya lakukan selanjutnya?” tanya kawan saya tadi. Saya katakan, “menurut saya, keinginan untuk membeli peralatan ditunda dulu, hal yang mendasar untuk dimiliki saat ini adalah pemahaman tentang kerusakan dan kemampuan menganalisa dengan baik. Belajarlah kepada kawan-kawan yang berkompeten dan sudah berpengalaman dalam bidang ini.” “Dimana saya harus belajar” katanya. “Banyak, banyak sekali, kursus singkat perbaikan laptop saat ini tidaklah sesulit tiga tahun yang lalu, saat ini teman-teman teknisi laptop sudah membuka berbagai metode kursus dari yang kelas hingga yang privat, dari yang pondokan sampai yang online bahkan dari yang gratis hingga yang berbayar. Saran saya, cobalah masuk ke jejaring sosial, masuklah kedalam grup-grup teknisi.  Anda akan mendapatkan banyak informasi disana, bisa jadi kesuksesan anda berawal dari seringnya diskusi dan ngobrol dengan kawan-kawan teknisi. Semoga tulisan ini bisa membuka khasanah kita, dan jika bermanfaat silahkan komentar untuk menginspirasi membuat tulisan-tulisan berikutnya. :)  Sukses selalu untuk kita semua Dedy Susanto | 2014

3 Responses to Kebutuhan peralatan perbaikan laptop

  1. Amang Gayam says:

    Wah, biaya kopinya sama rokoknya ketinggalan mas :D

  2. Anton Ajjok says:

    Mulia sekali Anda Pak Dedy S mau berbagi dan memberi saran yang Sangat baik buat para Junior2x
    smoga Anda Selalu Berkah, Sukses Dunia & Akhirat… Aamiin.

    Salam Kenal,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Lazada Indonesia