Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on

Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on 4.20/5 (84.00%) 10 votes Malam ini saya mengerjakan satu unit laptop toshiba satellite c640 dengan kode board dengan masalah lampu power hidup Selengkapnya »

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri 4.20/5 (84.00%) 5 votes Kerusakan laptop memang tidak mengenal siapa dan bagaimana cara memakainya, bahkan kadang-kadang barang yang baru saja dibelipun sering Selengkapnya »

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing 4.40/5 (88.00%) 5 votes Maunya sih posting topik selain masalah kerusakan laptop, tapi ya sudahlah daripada  terus menunggu dan blog ini juga memang Selengkapnya »

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar 3.33/5 (66.67%) 3 votes Seorang ibu yang berprofesi sebagai seorang guru SMA, pagi-pagi sudah datang dengan membawa satu unit laptop Selengkapnya »

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya 5.00/5 (100.00%) 1 vote Saya sering dibuat bingung dengan kode-kode yang ada pada chipset intel, karena kebanyakan chipset generasi HM7X tidak lagi mencantumkan Selengkapnya »

 

Acer Aspire 4752 terkadang hidup, terkadang mati total

4752 - kristas
Acer Aspire 4752 terkadang hidup, terkadang mati total 3.31/5 (66.15%) 13 votes

Kemaren, salah satu user yang juga bekerja sebagai seorang teknisi datang dengan membawa motherboard Acer aspire 4752. Kasusnya sangat aneh dan menggelikan juga menurut saya. Bagaimana tidak, motherboard acer aspire 4752 ini terkadang bisa hidup normal bahkan sampai seharian untuk aplikasi grafis sampai bermain games sekalipun tanpa ada masalah. Tapi dilain waktu, laptop ini akan mati total, bahkan lampu indikatornyapun tidak ada yang menyala.

Kasus ini benar-benar membuat saya penasaran, karena setelah saya melakukan pengukuran tegangan, ternyata semuanya baik-baik saja. Semua tegangan normal, dan seharusnya motherboard laptop ini sudah bisa hidup saat tombol swich on ditekan. Saya mencoba melakukan flash bios dan mengganti processor, dan memang motherboard laptop ini bisa hidup normal, tapi setelah dimatikan lagi beberapa saat kemudian motherboard kembali tidak bisa on.  Hingga indikasi kerusakan selanjutnya mengarah ke tombol swicht onnya. Saya menggantinya dengan modul swicht on yang lain, tapi hasilnya tetap saja sama.

Hampir semua indikasi kerusakan sudah saya coba termasuk mengganti 2 buah kapasitor elektrolit di sekitar sirkuit pembangkit tegangan 3V3 dan 5V tapi hasilnyapun tetap saja sama.

Menjelang malam saya melihat ada yang ganjil dan aneh dari motherboard laptop ini. Bagaimana tidak, motherboard laptop ini bisa hidup normal bila didekatkan cahaya lampu yang kuat, seperti lampu yang saya gunakan untuk servis. Tapi ketika dijauhkan dari penerangan lampu, motherboard ini tidak bisa lagi di swich on. Wah, gejala apa lagi ini? Rasa penasaran saya semakin besar saja dengan berbagai pertanyaan. Kenapa bisa demikian? Apa korelasinya motherboard ini dengan cahaya lampu? Apakah motherboard laptop ini memiliki sensor cahaya? Ah, tentu saja tidak. Hingga saya berfikir apakah morherboard ini terpengaruh oleh medan elektromagnetik dan frekuensi yang dihasilkan? Hmmm….mungkin saja dan sepertinya inilah jawaban yang logis menurut saya. Untuk itu saya melakukan pengujian dengan menghidupkan motherboard didekat mesin BGA yang sedang hidup karena disitu medan elektromagnetik lebih besar, dan ternyata motherboard laptop ini bisa hidup normal walaupun dihiup matikan berkali-kali. Apakah pendapat saya tentang elektromagnetik ini benar? Ah…saya sendiri jadi bingung. Lantas apa korelasinya lagi dengan motherboard? Sampai saya teringat bahwa selain power, sebuah motherboard bisa hidup jika melalui tahap clock dan akhirnya reset. Clock berkaitan dengan frekuensi dan getaran yang dalam aplikasinya diatur oleh sebuah Kristal. Kristal biasanya terlihat di dekat sebuah chipset dan komponen utama lainnya.

Atas alas an dan asumsi yang saya sendiri menganggapnya aneh tadi, saya melakukan pengamatan visual terhadap semua komponen Kristal yang menempel di otherboard laptop ini. Mungkin saja saya menemukan secara visual sesuatu yang juga aneh disana. Setelah beberapa saat mencari dengan menggunakan magnifier lamp (kaca pembesar berlampu) akhirnya saya menemukannya masalahnya dan ternyata indikasi sudah benar yaitu sebuah Kristal yang rusak.

Dari fisiknya terlihat bahwa sebenarnya Kristal ini tidak rusak, tetapi salah satu jalurnya putus akibat korosi. Dengan ukurannya yang kecil dan jalurnya yang juga rapat, proses penyambungan jalur ini memang sulit, tapi bagaimanapun juga hal ini wajib dilakukan. Dalam skema bisa dilihat seperti gambar ini.

kristal 4752

 

Jalur yang putus adalah jalur dari pin 1 menuju R2101 yang diteruskan ke RTC X1 dan RTC X2 menuju chipset Intel BD82HM65. Dengan sangat hari-hati saya menyambung jalur tersebut dengan menggunakan kabel tembaga halus dengan sedikit tambahan timah solder dan olesan flux agar timah bisa leleh dan menempel dengan baik.

4752 - kristas

 

Penyambungan jalur Kristal telah selesai, proses selanjutnya adalah pengujian. Inilah adalah satu proses yang paling mendebarkan bagi setiap teknisi laptop. Dan ternyata semua langkah yang saya lakukan diatas sejak awal sudah benar adanya, setelah tombol swicht on ditekan, motherboard laptop bisa hiudp dengan sempurna. Saya coba menjauhkan dari medan elektromagnetik seperti cahaya lampu seperti kasus awal tadi dan hasilnya, walaupun telah dihidup matikan berkali-kali, motherboard laptop acer 4752 ini bisa hidup dengan sempurna.

Hmmmm….lega lagi rasanya, selain kasus selesai, lebih besar dari itu saya mendapatkan ilmu yang sungguh sangat luar biasa. Kristal yang sekecil itu ternyata bisa membuat motherboard laptop bisa berperilaku yang aneh juga menurut saya.

Selanjutnya seperti biasa, perakitan motherboard saya lakukan dan melakukan pengujian tahap akhir dengan operating system dan aplikasi lainnya selama beberapa jam untuk melihat kinerja laptop secara keseluruhan.

4752-DISPLAYyyy

 

Semoga bermanfaat, dan salam sukses untuk kita semua

dedysusanto.net | 2014

 

 

 

3 Responses to Acer Aspire 4752 terkadang hidup, terkadang mati total

  1. Terimakasih sharing ilmunya mas, sangat bermanfaat sekali :)

  2. boypeace says:

    thanks share-nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Lazada Indonesia