Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on

Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on 4.20/5 (84.00%) 10 votes Malam ini saya mengerjakan satu unit laptop toshiba satellite c640 dengan kode board dengan masalah lampu power hidup Selengkapnya »

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri 4.20/5 (84.00%) 5 votes Kerusakan laptop memang tidak mengenal siapa dan bagaimana cara memakainya, bahkan kadang-kadang barang yang baru saja dibelipun sering Selengkapnya »

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing 4.40/5 (88.00%) 5 votes Maunya sih posting topik selain masalah kerusakan laptop, tapi ya sudahlah daripada  terus menunggu dan blog ini juga memang Selengkapnya »

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar 3.33/5 (66.67%) 3 votes Seorang ibu yang berprofesi sebagai seorang guru SMA, pagi-pagi sudah datang dengan membawa satu unit laptop Selengkapnya »

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya 5.00/5 (100.00%) 1 vote Saya sering dibuat bingung dengan kode-kode yang ada pada chipset intel, karena kebanyakan chipset generasi HM7X tidak lagi mencantumkan Selengkapnya »

 

Compaq Presario V2000, selalu mati saat loading windows

V2000 (6)
Compaq Presario V2000, selalu mati saat loading windows 5.00/5 (100.00%) 1 vote

Sudah seminggu ini saya  tidak sempat membuat resume dari apa yang telah saya kerjakan selain banyaknya garapan yang masih menunggu part dari china tapi juga memang tidak sempat dibuatkan dokumentasi step by step  pengerjaannya, tapi saya memiliki catatan dari kasus-kasus ringan  tahun kemaren. Saya hanya bisa berharap apa yang saya tulis bisa berguna bagi pengunjung blog ini.

Ceritanya begini :v  Pagi-pagi sudah ada saja yang menjadi sebab pengantar rezeki :D seorang bapak datang dengan membawa laptop Compaq v2000, laptop ini memiliki spesifikasi centrino dua atau setara dengan core 2 duo dengan memori 1G DDR2. Kasusnya adalah selalu saja hang (freeze) atau bahkan mati lagi saat booting windows. Namun ketika dihidupkan hanya melalui bios, laptop ini bisa hidup dengan normal. Sebenarnya ini adalah masalah klasik dan sering terjadi pada laptop dengan dengan generasi core duo. Masalahnya sering terjadi pada area vcore.

Saya membuka baterai, casing dan semua device yang menempel didalamnya. Motherboard juga telah dikeluarkan dengan membiarkan switch on tetap menempel, agar nantinya bisa melakukan pengecekan tegangan normal tanpa tergantung dengan casing. Titik pengecekan pertama saya adalah pada vcore, tepatnya pada sebuah kapasitor yang terletak dibawah dan disekitar processor. Normalnya tegangan disitu harus mencapai diatas 1,XX V. Jika memungkinkan untuk semua capasitor disekitar vcore bisa dicek menggunakan alat Digital Capasitance Meter.  Alat ini bukan untuk mengukur tegangan, tapi untuk mengukur apakah sebuah kapasior memiliki nilai kapasitanse yang cukup atau tidak. Banyak saya temui semuah kapasitor, yang jika diukur menggunakan buzzer multitester digital statusnya tidak short, tapi jika diukur dengan alat ini, ternyata nilai kapasitansinya tidak cukup lagi. Nilai kapasitansi ini sangat penting, karena tegangan disekitar processor itu sering berubah, maka keberadaan kapasitor tentunya bisa menjadi semacam kopling untuk menstabilkannya.

Baiklah kita lanjutkan lagi kasus laptop compag V2000 ini. Saya menghubungkan motherboard dengan PSU dengan tegangan sebesar 19V, tidak ada tanda-tanda short dimotherboard ini karena indicator ampere PSU tidak berubah. Saya coba mengukur satu kapasior SMD berwarna hitam di bawah processor dan hasilnya tegangan disitu hanya turun naik antara 0,9V s.d 1,00 V. Saya mencabut capasitor tersebut dan mengukurnya dengan buzzer, hasilnya tidak short. Kembali saya melakukan pengukuran dengan menggunakan alat digital capasitance meter dan memang ini sumber masalahnya, nilai kapasitansinya turun menjadi 187uF dari 330uF yang seharusnya.

V2000 (6)Gambar 1, pengukuran kapasitansi Cap dibawah soket processor

Tanpa buang-buang waktu lagi, saya langsung menggantinya dengan yang baru dengan kapasitas 330uF 2,5V. Saya memilih yang 2,5V karena tegangan diarea itu tidak melebihi 1,4V.

V2000 (2)Gambar 2, capasitor yang sudah diganti

Yang perlu diperhatikan dalam proses penggantian ini adalah masalah kualitas solderan. Usahakan kapasitor harus menempel dengan rapat, simetris dan  sempurna. Selain tidar terlihat rapih, pemasangan kapasiror dan komponen lain yang kurang baik di motherboard bisa menyebabkan komponen tersebut tidak bisa menahan goncangan dan keretakan solderan itu sendiri. Dalam jangka panjang juga bisa merusak komponen lain di sekitarnya.

Kapasitor telah saya ganti, processor dan heatsink juga telah saya pasang kembali, demikian juga dengan tombol switch on. Tibalah saatnya untuk menguji hasil pekerjaan kita dengan kembali mengukur tegangan pada titik yang sama. Seharusnya dititik tersebut telah mengalami perubahan.

V2000 (1)Gambar 3, pengukuran tegangan

Dari hasil pengukuran, tegangan dibawah titik awal tadi telah naik dari 0,9V menjadi 1,08V. Untuk pengujian selanjutnya, saya menghubungkan dengan panel lcdnya dan memasang harddisk sementara, sekedar untuk memastikan bahwa laptop bisa hidup dengan sempurna sampai menjalankan aplikasi windowsnya.

V2000Gambar 4, pengujian operating system

Demikian, pasti bermanfaat dan sukses selalu untuk kita

Dedy Susanto | 2015

 

 

6 Responses to Compaq Presario V2000, selalu mati saat loading windows

  1. abu says:

    kalou ada penjelasan kayak gini jadi pingin tau ada ngak alat untuk ngecek baik ngak nya mosfet yg bener” terpercaya

  2. eko says:

    maaf mas pertanyaanya nyimpang tegangan ALW dan VS itu didaerah mana sih pak dedi definisi atau penjelasan kedua tegangan tadi gimana sih makasih sebelumnya

    • abi says:

      Menurut persepsi saya, tegangan ALW adalah tegangan yang wajib hadir ketika laptop dalam keadaan mati setelah sumber power diberikan. Sedangkan tegangan VS itu adalah distribusi tegangan setelah swicht on. Silahkan buka skema untuk kepastiannya

  3. abu says:

    kalau multitester biasa gimana caranya mas

    • abi says:

      Pak Abu mohon maaf sekali untuk menghargai teman-teman yang menyelenggarakan kursus teknisi laptop dll, dalam semua tulisan yang ada diblog ini saya tidak akan menjelaskan secara detail perihal teknik pengecekan komponen dan hal-hal lainnya yang bersifat prinsip bagi seorang teknisi laptop. Disini saya hanya membuat resume terhadap apa yang saya kerjalan dengan maksud jika dikemudian hari saya mendapatkan kasus yang sama, maka akan dengan mudah untuk menyelesaikannya.
      Tapi kalau hanya pengecekan mosfet dan komponen lainya silahkan googling saja, inshaAllah ketemu kok. Sekali lagi mohon maaf dan Terima kasih atas pengertiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Lazada Indonesia