Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on

Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on 4.20/5 (84.00%) 10 votes Malam ini saya mengerjakan satu unit laptop toshiba satellite c640 dengan kode board dengan masalah lampu power hidup Selengkapnya »

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri 4.20/5 (84.00%) 5 votes Kerusakan laptop memang tidak mengenal siapa dan bagaimana cara memakainya, bahkan kadang-kadang barang yang baru saja dibelipun sering Selengkapnya »

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing 4.40/5 (88.00%) 5 votes Maunya sih posting topik selain masalah kerusakan laptop, tapi ya sudahlah daripada  terus menunggu dan blog ini juga memang Selengkapnya »

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar 3.33/5 (66.67%) 3 votes Seorang ibu yang berprofesi sebagai seorang guru SMA, pagi-pagi sudah datang dengan membawa satu unit laptop Selengkapnya »

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya 5.00/5 (100.00%) 1 vote Saya sering dibuat bingung dengan kode-kode yang ada pada chipset intel, karena kebanyakan chipset generasi HM7X tidak lagi mencantumkan Selengkapnya »

 

Memperbaiki Acer one 756 yang mati total (short 19V)

Acer One 756 (1)
Memperbaiki Acer one 756 yang mati total (short 19V) 4.33/5 (86.67%) 3 votes

Kerusakan laptop mati total indikasinya banyak sekali. Bisa bios, bisa southbridge, bisa komponen I/O, atau bisa karena short komponen lainnya. Kali ini ada satu unit laptop Acer aspire one 756 dengan kerusakan mati total.  Yang skemanya bisa di unduh disini.  Saya sangat hati-hati dalam melakukan pengecekan awal laptop mati total seperti ini karena jika kerusakan disebabkan ada komponen yang short pada tegangan VIN yaitu 19V maka ketika kita colok adaptor terlalu lama, maka bisa-bisa laptop bisa terbakar dan sehingga merusak komponen lainnya. Untuk mengantisipasi hal ini, saya mengecek dengan mengambil tegangan dari PSU dan ternyata dugaan saya benar bahwa menurut asumsi saya laptop ini mati total karena mengalami short 19V ditandai indikator tegangan di PSU drop hingga 3.1 V sedangkan indikator arus di PSU naik hingga 3.13 A.

Acer One 756 (1)Gambar 1 : Indikator PSU sesaat setelag jack ditancapkan.

Setelah difoto untuk bisa dijadikan resume agar bisa dibagikan pada teman-teman di blog ini :D jack power saya lepaskan segera untuk menghindari kerusakan yang lebbih parah. Seperti biasa, casing laptop saya lepaskan untuk mengeluarkan motherboardnya dan mulai melakukan analisa dengan mengukur beberapa titik yang dilalui tegangan 19V. Saya mengukur impedansi dari PL18 sebagai induktor yang bersentuhan langsung dengan B+ dengan nilai multitester 0001 dan ini short berat menurut saya.

Acer One 756 (2)Gambar 2 : pengukuran impedansi pada PL18 dengan nilai 001 (short)

Dalam gambar diatas, saya melepaskan induktor tersebut untuk melakukan lokalisir jalur yang dianggap short dan mempercepat temuan komponen shortnya. Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk mencari komponen short tadi, bisa tetap menggunakan multitester dengan cara cek impedansi tiap-tiap komponen, tapi cara ini akan memakan waktu yang lebih lama karena kita harus melepaskan komponen satu persatu dan memasangnya kembali.  Saya menggunakan cara yang kedua untuk menyelesaikan kasus ini yaitu dengan melakukan injeksi tengangan diarea short tadi. Untuk menghindari kerusakan lainnya, saya tidak menginjeksi tegangan sebesar 19V tapi hanya 5V saja karena jika diinjeksi sebesar 19V saya sangat khawatir ini justru bisa membakar papan PCB nya.

pl18Gambar 3 : lokasi PL18 dalam skema

Ok setelah proses injeksi tegangan sebesar 5V saya lakukan, maka benar ada sebuah kapasitor keramik yang dilalui tengan 19V diarea sirkuit VCore yang short. Saya tidak langsung serta merta menggantinya, tapi kemudian saya mengukurnya kembali dengan menggunakan multitester digital dan memang nilai mencapai 001 dan ini short berat.

Acer One 756 (3)Gambar 4 : Kapasitor yang short diukur kembali dengan multitester

PC46Gambar 5 : Lokasi PC46 dalam skema

Langkah selanjutnya adalah melakukan eksekusi terhadap kapasitor tersebut dan kembali melakukan pengukuran impedansi pada induktor PL18 tadi dan hasilnya multitester menunjukan angka 467 ini baik berarti kerusakan bisa diatasi.

Acer One 756 (5)Gambar 6 : Pengukuran kembali pada PL18 dan hasilnya oke

Sampai disini, walaupun laptop belum dirakit kembali tapi saya yakin laptop sudah bisa dihidupkan dan masalahnya telah selesai. Sehingga tanpa buang-buanh waktu lagi uji coba menggunakan panel monitor internal langsung saya lakukan dan hasilnya memang laptop sudah bisa hidup dengan sempurna. :D

Acer One 756 (6)Gambar 7 : Pengujian dengan panel monitor internal

Oh ya saya tidak lupa untuk membuat backup bios laptop ini baik itu ec bios maupun main bios. Jika teman-teman membutuhkan bisa download langsung disini.

Demikian, pasti bermanfaat, ayo terus sama-sama belajar dan sukses selalu untuk kita

Dedy Susanto | 2015

10 Responses to Memperbaiki Acer one 756 yang mati total (short 19V)

  1. edi says:

    pak mau tanya kenapa sih selalu PL(induktor)sebagai pengujian

  2. indra says:

    mas ngeukur cara impedansi carger dicolokin gak atau butuh tegangan ngak makasih

  3. Abi Aqil says:

    Assalamu’alaikum
    mas, injeksi power dari psu diletakkan dimana

    • abi says:

      waalaikumussalam wr. wb mas Abi Aqil, tinggal lihat target komponen yang terindikasi shortnya disebelah mana dulu. Yang jelas harus hati-hati untuk masalah injeksi ini. Salah suntik bisa rusak semua komponen. Baiknya lihat skemanya mas

  4. Ardian says:

    Mas, Untuk mempersempit lokasi yg kita curigai dengan cara bagaimana ya Mas? Karena short 19v snagat’luas.. Semua blok harus bongkar PL-nya??

    • abi says:

      dibuzzer dulu kemudian baru dilokalisir dengan melepas PL kemudian dibuzzer lagi. 19V biasanya saya bagi dua VIN dan B+

  5. bebeng says:

    mantap sharingnya mas…
    terus berbagi ilmunya…
    mohon ijin copas untuk belajar, trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Lazada Indonesia