Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on

Memperbaiki laptop toshiba satellite c640 yang tidak bisa switch on 4.20/5 (84.00%) 10 votes Malam ini saya mengerjakan satu unit laptop toshiba satellite c640 dengan kode board dengan masalah lampu power hidup Selengkapnya »

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri

Memperbaiki laptop MSI CX420 blank screen dan selalu mati sendiri 4.20/5 (84.00%) 5 votes Kerusakan laptop memang tidak mengenal siapa dan bagaimana cara memakainya, bahkan kadang-kadang barang yang baru saja dibelipun sering Selengkapnya »

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing

Reset Password Bios Acer Aspire V5-471 tanpa bongkar casing 4.40/5 (88.00%) 5 votes Maunya sih posting topik selain masalah kerusakan laptop, tapi ya sudahlah daripada  terus menunggu dan blog ini juga memang Selengkapnya »

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar

Zyrex Crusier LE4541 mati total dengan power jack yang selalu hangus terbakar 3.33/5 (66.67%) 3 votes Seorang ibu yang berprofesi sebagai seorang guru SMA, pagi-pagi sudah datang dengan membawa satu unit laptop Selengkapnya »

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya

Beberapa kode chipset intel seri core i dan spesifikasinya 5.00/5 (100.00%) 1 vote Saya sering dibuat bingung dengan kode-kode yang ada pada chipset intel, karena kebanyakan chipset generasi HM7X tidak lagi mencantumkan Selengkapnya »

 

Zyrex Wakatobi, komplikasi mati total, lampu adaptor berkedip hingga no display.

wakatobi short 2
Zyrex Wakatobi, komplikasi mati total, lampu adaptor berkedip hingga no display. 3.00/5 (60.00%) 2 votes

Seorang kawan saat masih kuliah dulu mengeluh tentang laptop kesayangannya yang pada akhirnya mati total. Sebenarnya kawan tersebut tidak begitu peduli dengan keadaan laptopnya karena memang laptop tersebut telah menemaninya bekerja sejak hamper 10 tahun yang lalu dan memang kesalahannya adalah tidak pernah memberikan perawatan berkala terhadap motherboardnya maka wajar ketika saya membuka casingnya, banyak sekali telur-telur semut dan kotoran lainnya yang menempel pada komponen utama motherboard tersebut.

Langkah pertama seperti biasa, setelah membersihkan kotoran dan diatas motherboard adalah dengan melakukan pengamatan secara visual terhadap kondisi seluruh komponen yang ada. Tidak tampak kerusakan apa-apa secara fisik. Saya melanjutkan melakukan pengukuran pada tegangan 19V, dan memang saat sumber tegangan dari PSU saya hubungkan, tegangan PSU drop, ini berarti ada short di jalur 19V.

Saya kemudian mengukur mengunakan multitester digital dengan setingan buzzer dioda. Setelah diukur, ternyata hampir semua capasitor keramik dan SMD short. Tapi dari semua itu biasanya hanya satu yang benar-benar short, pengukuran dengan hasil short disemua capasitor keramik itu karena ada salah satu capasitor yang terhubung dengan ground secara langsung, sehingga indikasi saya mengarah pada kapasitor polar smd dengan batas tegangan 25V.  Saya mengangkat kapasitor ini dan ternyata benar bahwa setelah kapasitor ini dilepas dan saya lakukan mengukuran kembali ternyata semua kapasitor keramik yang dilalui tegangan 19V tidak lagi short.

wakatobi 2Gambar 1, komponen short di jalur 19V

Langkah selanjutnya saya melakukan pengecekan pada semua induktor (PL) dan jumper dengan masih menggunakan mode buzzer pada multitester digital. Dari pengukuran itu ternyata inductor dengan kode PL1 buzzer 001 dan ini berarti short. Yang harus dipahami adalah lokasi short tersebut apakah setelah atau sebelum induktor. Untuk memudahkannya saya kemudian melokalisir dengan cara  membuka salah satu jumper didekat induktor dan melakukan pengukuran kembali. Hasilnya memang lokasi short berada setelah induktor. Sehingga fokus pencarian komponen short selanjutnya saya lakukan pada semua komponen setelah induktor.

wakatobi short 2Gambar 2, melokalisir sumber short dengan melepas jumper

Jalur ini merupakan sumber tegangan VCCP yang menghidupkan chip Southbridge (SB), Nortbridge dan VGA. Karena tidak memiliki skema untuk tipe laptop yang bisa dikatakan langka ini, sementara komponen short harus ditemukan, saya kemudian melakukan injeksi tegangan sebesar 1V di salah satu sisi jumper short seperti pada gambar diatas. Tegangan yang dizinkan disini hanya 1,05V dan maksimal 1,3A. Sambil injeksi tegangan dilakukan sayapun mencari dengan tangan telanjang komponen mana yang terasa panas. Setelah beberapa saat, saya dapatkan salah satu kapasitor keramik di dekat chipset intel LE82GM965 panas menyengat. Tegangan PSU saya matikan kembali dan untuk memastikan langkah ini, saya lakukan buzzer pada kapasitor  yang panas tadi dan hasilnya memang komponen tersebut short dengan nilai 001. Saya kemudian mengganti capasitor tersebut dengan yang yang lain dan kembali melakukan pengukuran dititik yang sama dan hasilnya short hilang.

Wakatobi (3)Gambar 3, sebuah kapasitor short setelah injeksi tegangan sebesar 1V

Sampai disini saya sudah mulai lega, berarti semua masalah distribusi tegangan sudah bisa ditangani dengan baik. Lampu indikatorpun telah menyala itu berarti tegangan 3,3VALW dan 5VALW juga sudah hadir dengan baik. Setelah memasang processor, heatsink dan memori saya mencoba motherboard ini dengan menghubungkannya dengan monitor external, hasilnya setelah diswicth on, motherboard hidup tapi dengan status no display. Asumsi saya, karena tadi ada komponen short di jalur VCCP, bisa jadi chipset SB juga bermasalah. Fisiknyapun terasa sangat panas ketika motherboard baru dihidupkan beberapa detik. Saya kemudian melepas dan melakukan reballing terhadap chipset tersebut. Panas yang dihasilkan oleh chipset SB tadi, selain karena short, bisa juga karena keretakan pada bola-bola timah dibawah chipset. Maka reballing dimaksudkan bukan untuk memperbaiki chipset, tapi hanya untuk perbaikan bola-bola timahnya saja.

Wakatobi (6)Gambar 4, Pelapasan chipset southbridge intel IBM

Wakatobi (9)Gambar 5, Proses reballing chipset southbridge intel IBM

Gambar 19.5 proses reballing dengan timah ukuran 0,6mm

Setelah proses reballing setelah, dan memasangnya kembali ditempatnya menggunakan mesin BGA, saya kemudian melakukan pengujian kembali dengan menggunakan monitor external dan panel internalnya, dan hasilnya laptop bisa hidup dengan sempurna.

Wakatobi (10)a Gambar 6, pengujian dengan panel internal monitor Zyrex Wakatobi

Pasti bermanfaat, mari kita sama-sama terus belajar dan salam sukses untuk kita.

Dedy Susanto | 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Lazada Indonesia